539 WBP RUTAN TANAH GROGOT DAPAT REMISI, 10 DIANTARANYA LANGSUNG BEBAS

CollageMaker 20220817 154616785

Rutaro Info - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke-77, sebanyak 539 orang warga binaan pemasyarakatan di Rutan Tanah Grogot mendapatkan remisi umum, Rabu (17/8).

Kegiatan penyerahan remisi umum ini digelar di Aula Rutan yang dihadiri langsung oleh Bupati Paser Dr. Fahmi Fadli serta jajaran Forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) Kabupaten Paser lainnya, dan hadir juga perwakilan dari Polres Penajam, Kejaksaan Negeri Penajam dan Pengadilan Negeri Penajam yang dengan penuh antusias mengikuti kegiatan penyerahan remisi umum untuk narapidana dan anak ini.

Dalam sambutannya, Kepala Rutan Tanah Grogot Doni Handriansyah mengucapkan terima kasih kepada tamu undangan para Forkopimda Kabupaten Paser atas kesediannya untuk mengikuti pergelaran penyerahan remisi kepada warga binaan, Doni menjelaskan remisi merupakan hak melekat warga binaan sebagai bentuk pembangunan manusia dalam proses pemasyarakatan.

"Pemberian remisi ini merupakan bentuk pembangunan manusia dalam proses pemasyarakatan terhadap narapidana dan anak. Salah satunya, adalah pemenuhan dan perlindungan terhadap hak-hak yang harus dihormati sesuai dengan Undang Undang Pemasyarakatan seperti pemberian remisi," kata Doni Handriansyah, Kepala Rutan Tanah Grogot.

Doni juga menyebutkan, total WBP yang mendapatkan remisi dalam Rangka HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 berjumlah 539 orang, dan 10 diantaranya langsung bebas.

“disamping itu remisi ini juga dapat kita maknai sebagai bentuk pengahargaan kepada wbp karena sudah berkelakukan baik, dan untuk jumlahnya sebayak 539 orang wbp yang mendapatkan remisi hari ini,” tambah Doni.

Saat menyerahkan langsung remisi tersebut kepada WBP, Bupati Paser Dr. Fahmi Fadli yang pada kesempatan ini juga tak lupa menyampaikan pesan mendalam kepada WBP untuk senantiasa bersyukur dan jangan mengulangi kembali serta menjadikan pribadi yang lebih proaktif untuk kemajuan nusa dan bangsa.

“ saya ucapkan selamat kepada WBP yang mendapat remisi hari ini, jadikan momentum ini untuk menstimulus rekan rekan WBP untuk semakin baik lagi bermasyarakat, ikuti segala program, pembinaan serta proses yang ada disini, dan untuk rekan rekan WBP yang langsung bebas selamat berkumpul dengan keluarga tercinta," imbuh Fahmi Fadli.

Perasaan bahagia pun terluapkan dari para perwakilan WBP yang menerima remisi, JN salah satunya ia mengatakan sangat senang mendapatkan remisi terlebih diberikan langsung oleh orang nomor satu di Paser.

“ya tentunya bersyukur sangat senang bisa mendapatkan remisi ya, terima kasih saya ucapkan kepada semuanya, saya tidak nyangka bisa bertemu bupati paser disini, saat diluar saya tidak pernah bertemu,” imbuh JN .

Kegiatan berjalan dengan tertib dan khidmat dengan diwarnai aksi memukau tari tradisional khas Paser yang di lakukan oleh warga binaan wanita Rutan Tanah Grogot hasil pembinaan dan kebudayaan yang diprakarsai kepala rutan Doni Handriansyah, respons bupati fahmi fadli sangat positif ia menilai banyak sekali kegiatan positif yang dilakukan oleh jajaran Rutan Tanah Grogot kepada masyarakat paser yang berada dirutan.

PENUH KHIDMAT, KEPALA RUTAN DONI HANDRIANSYAH PIMPIN LANGSUNG PERINGATAN HARI KEMERDEKAAN RI YANG KE-77

IMG 20220817 093912 616

Tanah Grogot - hari puncak perayaan hari ulang tahun kemerdekaan Negara kesatuan republik Indonesia yang jatuh ke 77 tahun, puluhan pegawai Rutan Tanah Grogot antusias menggelorakan semangat kemerdekaan dengan melakukan upacara peringatan HUT RI yang digelar di lapangan dalam Rutan, Rabu (17/8).

Inspektur upacara pada giat kali ini di komandoi langsung oleh kepala rutan tanah Grogot Doni handriansyah yang diikuti oleh seluruh pejabat struktural dan pegawai Rutan.

Dengan mengusung tema bangkit lebih cepat, bangkit lebih Kuat kegiatan upacara HUT kemerdekaan ini juga melibatkan warga binaan pemasyarakatan sebagai representasi bentuk nasionalisme dan patriotisme kepada bangsa dan negara di hari kemerdekaan, tak lupa juga Kepala Rutan Doni handriansyah selaku inspektur upacara membacakan langsung sambutan menteri hukum dan HAM masih dalam nuansa berjalan nya upacara kemerdekaan.

Disamping itu Doni juga menyampaikan pesan kepada seluruh jajaran serta WBP, untuk senantiasa meningkatkan kecintaan terhadap tanah air, karena esensi dari makna kemerdekaan sangat besar, mendalam dan penuh perjuangan.

" Mari kita jadikan hari kemerdekaan ini untuk meningkatkan kecintaan kita terhadap NKRI, jangan lupakan sejarah bagaimana pahlawan Kita berjuang , kobarkan jiwa optimisme dan berkontribusi terhadap kemajuan bangsa yang semakin pasti akan berakhlak," kata Doni.

Kegiatan berjalan dengan lancar dan tertib tentunya dengan mematuhi protokol kesehatan.

PERINGATI HDKD KE-77, KEPALA RUTAN TANAH GROGOT PIMPIN UPACARA DAN ZIARAH MAKAM PAHLAWAN

IMG 20220812 WA0031

Rutaro Info – tampak puluhan pegawai Rumah Tahanan Negara (Rutan) Tanah Grogot bersama Dharma Wanita Persatuan Rutan Tanah Grogot, melakukan upacara ziarah kubur dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Daya Taka Kabupaten Paser, Jum’at 12/8.

Kegiatan itu dipimpin langsung oleh Kepala Rutan Tanah Grogot, Doni Handriansyah dalam rangka menyambut Hari Dharma Karya Dhika 19 Agustus mendatang.

Dalam meuforiakan semangat HDKD yang jatuh ke 77 tahun itu, Kementerian Hukum dan HAM RI mengusung tema “dengan semangat kebersamaan kita tingkatkan kinerja kemenkumham yang semakin pasti dan berakhlak”, tersirat pesan agar aparatur Kemenkumham mampu menjadi abdi negara yang modern dan terdepan dalam melayani masyarakat.

Dalam sambutannya, Kepala Rutan Tanah Grogot Doni Handriansyah menjelaskan kegiatan upacara dan ziarah makam pahlawan ini merupakan rangakaian kegiatan dalam memeriahkan hari jadi Kementerian Hukum dan HAM RI.

“Tadi Rutan kita melakukan upacara sekaligus ziarah dan tabur bunga di makam pahlawan. Tadi juga diikuti oleh ibu-ibu dharma wanita, yakni dalam rangka menyambut HDKD ke-77 tahun ini, ” kata Doni.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan itu diawali dengan penghormatan, mengheningkan cipta sejenak, doa untuk arwah para pahlawan yang telah gugur. Barulah dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga di tugu monumen serta prosesi tabur bunga di pusara makam.

Doni menjelaskan, upacara ziarah kubur dan tabur bunga ini dimaksudkan sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada jasa-jasa para Pahlawan yang gugur karena memperjuangkan kemerdekaannya.

“ini semua kita lakukan dengan tulus sepenuh hati sebagai bentuk penghormatan, penghargaan dan ucapan rasa syukur serta terima kasih kepada para pahlawan kita yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia,” tambah Doni.

Kegiatan berjalan dengan lancar dan kondusif dengan mematuhi protokol kesehatan.

SABTU SEHAT !! JAJARAN RUTAN TANAH GROGOT GELAR FUNBIKE DALAM RANGKA HDKD KE-77

IMG 20220813 112821 856

Tanah Grogot (13/08/2022)-Jajaran Rutan Kelas IIB Tanah Grogot yang tergabung dalam Persatuan Sepeda Pengayoman Kanwil Kalimantan Timur melaksanakan kegiatan funbike pada pagi ini.

Funbike/ gowes bersama dimulai pada pukul 07.30 Wita dengan titik start di Rutan Tanah Grogot dengan menempuh jarak sekitar 10 Km dengan rute sekitaran Kota Tanah Grogot dan kembali finish di Rutan Tanah Grogot.

Kegiatan gowes bersama ini merupakan rangkaian peringatan Hari Dharma Karya Dhika ke-77 tahun 2022 dan juga dilaksanakan dengan semangat kebersamaan, guna tingkatkan kinerja Kemenkumham semakin PASTI dan Ber-AKHLAK.

Gelaran ini juga di selenggarakan oleh seluruh jajaran Kemenkumham se Indonesia di masing-masing daerah. Gowes bersama di Rutan Tanah Grogot berlangsung aman, tertib dan lancar.

Kepala Rutan Tanah Grogot, Doni Handriansyah berharap dari kegiatan ini dapat meningkatkan imun tubuh dan kekompakkan. "Semoga dengan diadakannya kegiatan sepeda santai ini dapat meningkatkan imun tubuh dan menambah kekompakkan di antara kita semua," pungkasnya.

BERSAMA TIM SATOPS PATNAL KANWIL, PETUGAS DAN WBP RUTAN TANAH GROGOT LAKSANAKAN TES URINE DAN PENGGELEDAHAN BLOK HUNIAN

IMG 20220811 WA0191

Pada hari ini (11/08/2022) – Rutan Tanah Grogot bersama Tim Satops Patnal Kanwil Kemenkumham Kaltim melaksanakan Pemeriksaan Tes Urine kepada Pegawai Rutan Tanah Grogot dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang diambil secara acak dilanjutkan dengan Penggeledahan Kamar Blok Hunian.

 

Kegiatan dilaksanakan dalam Rangka Deteksi Dini Keamanan dan Ketertiban serta Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika.

Adapun Hasil dari Kegiatan Tes Urine tersebut seluruhnya dengan hasil NEGATIF.

 

Atas hasil dari kegiatan tersebut yang telah dilaksanakan Tim Satops Patnal Kanwil Kaltim, yang dipimpin oleh Kabid Pembinaan Kantor Wilayah Kemenkumham Kaltim Wagiso, memberikan apresiasi dan respon positif kepada pihak Rutan yang benar-benar berkomitmen bebas dari Narkoba. Artinya Petugas maupun WBP tidak ada keterkaitan dengan narkoba baik itu untuk konsumsi maupun peredaran.

 

Sementara Kepala Rutan Doni Handriansyah mengucapkan Terima Kasih kepada Tim Satops Patnal Kawil Kemenkumham Kaltim yang telah melaksanakan kegiatan Tes Urine petugas dan WBP, serta Penggeledahan Blok Hunian yang dilaksanakan pada sore hari ini berjalan dengan baik dan lancar tanpa ada hambatan. Setidaknya dengan hasil pemeriksaan urine yang negatif tersebut setidaknya bisa menjadi bukti bahwa Rutan Tanah Grogot ZERO NARKOBA.