LAPORAN AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH

  Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Tanah Grogot merupakan Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan yang mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas pokok Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI di bidang Penempatan, Perawatan dan Pelayanan Tahanan. Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Tanah Grogot yang beralamat di Jalan Kusuma Bangsa KM 4 Tanah Grogot adalah Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang berada di bawah dan bertanggungjawab langsung kepada Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM  Kalimantan Timur.

   Untuk Wilayah Kalimantan Timur, Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Tanah Grogot menampung 2 ( dua ) Kabupaten  yaitu  Kabupaten Paser dan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Tanah Grogot selain sebagai tempat Warga binaan (Narapidana) juga bagi Tahanan yang masih dalam proses hukum yakni penyidikan, penuntutan dan pemeriksaan pengadilan bagi masyarakat yang melanggar tindak pidana dari kedua Kabupaten tersebut.

  Mengingat Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Tanah Grogot kapasitas daya tampung hunian hanya sebanyak 154 (seratus lima puluh empat) orang dan saat ini isi penghuni rata-rata  per bulan sampai dengan Semester II Tahun 2021 sebanyak 718 (tujuh ratus delapan belas) orang Warga Binaan Pemasyarakatan (Narapidana dan Tahanan) sehingga melebihi kapasitas / over kapasitas.

  Untuk meningkatkan kualitas dan kepribadian sumber daya manusia  Warga Binaan, Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Tanah Grogot terus berupaya melaksanakan berbagai kegiatan pembinaan kepribadian dan pelatihan keterampilan/kemandirian selain menggunakan sumber daya petugas yang ada juga melakukan terobosan bekerjasama dengan pihak Pemerintah Daerah, Instansi terkait juga pihak swasta, hal ini   diharapkan agar mereka menyadari serta tidak mengulangi kesalahan / tindak pidana lagi sehingga kelak apabila Warga Binaan yang bersangkutan bebas dapat menjadi warga masyarakat yang baik, berguna serta dapat diterima oleh lingkungan masyarakat sebagai warga Negara yang berperan aktif dalam pembangunan, hidup dengan baik, berguna bagi dirinya, keluarga dan masyarakat.

 Sistem Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) merupakan instrument yang digunakan oleh instansi pemerintah dalam memenuhi kewajiban untuk mempertanggungjawabkan keberhasilan dan kegagalan pelaksanaan misi organisasi.

 SAKIP ini terdiri dari komponen-komponen yang merupakan satu kesatuan, yaitu perencanaan strategis, perencanaan kinerja, pengukuran dan evaluasi kerja, dan pelaporan kinerja.

  Sebagai implementasi SAKIP inilah maka Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKIP) disusun menjadi tindak lanjut dari proses pengukuran kinerja. Penyusunan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKIP) adalah salah satu rangkaian kegiatan yang harus dilakukan setiap tahun dan merupakan salah satu bentuk manifestasi dari evaluasi semua rangkaian pelaksanaan program dan kegiatan pada Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Tanah Grogot yang telah dilakukan selama Semester II Tahun 2021. Kesemuanya harus terangkum dalam Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKIP), selain sebagai bahan evaluasi dari rangkaian program yang telah dicanangkan pada awal tahun anggaran juga sebagai bahan pijakan dalam menyusun langkah-langkah pada tahun berikutnya.

LKIP Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Tanah Grogot dimaksudkan untuk  memberikan gambaran mengenai :

  1. Keberhasilan maupun kegagalan pencapaian kegiatan dan sasaran selama bulan Juli sampai dengan bulan Desember Tahun 2021.
  2. Kendala-kendala yang ditemui dalam pelaksanaan kegaiatan dan usaha-usaha yang dilakukan untuk kelancaran pelaksanaan tugas Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Tanah Grogot.

Sedangkan tujuan penyusunan LKIP adalah:

  1. Sebagai wujud pertanggungjawaban pelaksanaan tugas dan fungsi Organisasi di Lingkungan Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Tanah Grogot.
  2. Untuk mengetahui tingkat capaian kinerja Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Tanah Grogot selama periode 2 (dua) Semester.
  3. Untuk bahan masukan bagi jajaran Pimpinan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dan Kementerian Hukum dan HAM dalam menentukan kebijakan strategis pada masa mendatang.

LKIP Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Tanah Grogot dapat di lihat pada link berikut.


Print   Email